Selasa, 15 Maret 2011

Kampung Gedong: Kampung China – Kabupaten Bangka – Bangka Belitung – Indonesia


Sejak tahun 2000, Kampung Gedong ditetapkan sebagai desa wisata. Pengembangan tersebur menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pada umumnya dan khususnya warga keturunan China untuk melihat bangunan-bangunan etnik China di lokasi tersebut.
Kampung Gedong merupakan perkampungan pecinan tua. Penghuninya sekitar 50 kepala keluarga dari generasi pertama etnis Tionghoa yang datang ke Pulau Bangka untuk dipekerjakan sebagai buruh di pertambangan timah. Kehidupan penduduk perkampungan Cina tersebut rata-rata berdagang dan membuat makanan khas Bangka seperti kerupuk, kemplang, getas, dan lain-lain.
Kampung China ini adalah salah satu pecinan yang masih utuh menggambarkan kehidupan seabad silam. Menurut sejarah, perkampungan tersebut merupakan komunitas Tionghoa keturunan enam bos timah yang dahulu menguasai kawasan Parit 6 atau Liuk Phun Thew dalam dialek Hakka. Setelah sekian tahun, pendatang China ini kemudian dapat berbaur, menetap, dan menjadi bagian dari masyarakat Kampung Gedong. Di permukiman ini, setiap hari besar seperti Imlek, Peh Cun, Qing Ming pasti digunakan para warga untuk berkumpul. Dalam sejumlah perayaan, sering kali diarak lakon Sun Go Kong (atau Sun Wu Gong) yang menjadi Dewa Pelindung Kampung Gedong.
Keistimewaan Kampung Gedong ini adalah terdapatnya deretan rumah kayu yang antik, ornamen Tionghoa, kaligrafi Han Zi, tempat pemujaan di depan rumah, dan klenteng pelindung desa. Aneka bangunan tersebut merupakan pemandangan eksotis yang berpadu dengan alam tropis Pulau Bangka. Pemandangan tersebut mengingatkan kita pada film-film tahun 1940-an yang menampilkan kota-kota tua seperti Penang, Malaka, dan China Town (Singapura). Permukiman China Kampung Gedong hanya dihuni sekitar 50 keluarga, sehingga kampung ini sangat sepi dan tenang. 
Perkampungan masyarakat asli China ini berjarak ± 53 km dari Kota Sungailiat, ± 14 km dari Kota Belinyu, dan 90 kilometer sebelah utara Kota Pangkalpinang. Atau tepatnya terletak di Kampung Gedong, Desa Lumut, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka. 
Untuk mencapai Kampung Gedong, para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi, bus, dan angkutan umum dengan waktu tempuh sekitar satu jam. 
Fasilitas yang terdapat di Kampung Gedong meliputi Klenteng, penginapan, hotel, dan warung-warung penjual makanan khas Bangka.

0 komentar: